KATA SERAPAN BAHASA ARAB Part 1

Posted by Nour El Joseph on 08:04 PM, 05-Feb-12

Under: KATA SERAPAN ARAB

Tahukah anda ternyata Bahasa indonesia yang biasa kita pakai sehari-hari banyak yang berasal/mengambil dari bahasa arab.
Meski tidak seluruhnya karena bahasa indonesia itu memang berasal dari campuran dari berbagai bahasa seperti melayu,arab,belanda,portugis,cina,jawa sunda sanskerta dan lain sebagainya.

Pengambilan bahasa arab ke dalam bahasa indonesia tidak terlepas dari sejarah masuknya islam ke nusantara tanpa agresi militer alias jalan damai (gak kaya inlander belanda), yakni melalui percampuran kebudayaan yang saling bertemu dan saling mempengaruhi atau biasa disebut akulturasi.

Kata-kata yang berasal dari bahasa lain(bahasa daerah/bahasa asing) yang kemudian disesuaikan ejaan,tulisan maupun ucapannya sehingga menjadi kosakata dalam istilah bahasa indonesia biasa disebut "kata serapan". (bukan sarapan ya.... heheh). Kata serapan terjadi dengan berbagai cara diantaranya :

- Secara adopsi (mengambil dari bahasa aslinya baik lafal maupun arti)
Contoh : kursi,azan. artinya orang arab dan orang indonesia sama2 menyebut kata "kursi" untuk tempat duduk dan "azan" untuk seruan untuk solat ketika waktunya tiba.

- Adaptasi (lafalnya berubah tapi arti sama,mungkin menyesuaikan dengan lidah orang indonesia).
Contoh : do'a,mungkin. artinya orang arab dan indonesia punya pemahaman sama Terhadap permohonan kepada Tuhan yang dinamakan do'a (dlm bhs indonesia) dan du'a(dlm bhs arab).dan sesuatu yang bisa terjadi bisa juga tidak yang dinamakan mungkin(dlm bhs indonesia) dan mumkin(dlm bhs arab).

Karena takut kepanjangan maka saya tulis contoh kata2nya dalam post selanjutnya. Bahasa indonesia dan arab Part 2

Tag:bahasa arab indonesia
kata serapan arab
asal bahasa indonesia
asal kata bahasa

like.pngLike

Share on Facebook Share on Twitter

Comments

2 responses to "KATA SERAPAN BAHASA ARAB Part 1"

Ahmad Masykur on 02:15 AM, 04-Mar-13

mang bisa ng hack hp symbian?

Nour El Joseph on 12:02 AM, 07-Mar-13

@Ahmad Masykur,
Te bisa

Subscribe to comments feed: [RSS] [Atom]

New Comment

[Sign In]
Name:

Email:

Comment:
(Some BBCode tags are allowed)

Security Code:
Enable Images